BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

Tips Hidup Sehat Dengan Makanan Lezat dan Bergizi

Hidup Sehat Dengan Makanan Lezat dan Bergizi – Hidup sehat sangat identik dengan asupan makanan yang setiap hari kita makan. Jika makanan yang dimakan sehat maka otomatis tubuh akan menjadi sehat. Sebaliknya jika makanan yang kita makan tidak sehat seperti junk food dan makanan yang mengandung bahan pengawet maka tubuh akan menjadi tidak sehat. Setiap asupan makanan akan dicerna oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Karena itu kita harus memperhatikan dengan baik setiap zat yang dikandung pada makanan yang kita konsumsi. Tips hidup sehat dapat diawali dengan mengubah jenis makanan dan mengatur pola makan dengan baik. Makanan yang seimbang seperti empat sehat lima sempurna memang mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral yang cukup akan membuat tubuh menjadi sehat.


Tips Hidup Sehat
Tips Hidup Sehat

Dalam mengonsumsi makanan sebaiknya diatur sesuai dengan kebutuhan kalori di dalam tubuh. Untuk konsumsi karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi. Jagung, roti, kentang, dan umbi-umbian juga bisa dijadikan sumber karbohidrat pengganti. Makanan yang bervariasi akan membantu tubuh mendapatkan berbagai asupan gizi yang seimbang. Dalam mengolah karbohidrat sebaiknya cukup direbus atau dikukus untuk mengurangi kandungan lemak. Porsinya juga harus seimbang. Begitu pula dengan pilihan menu protein. Banyak sekali bahan makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, tahu dan masih banyak lagi. Untuk tips hidup sehat, protein sebaiknya tidak dimasak secara berlebihan agar kandungan proteinnya tidak rusak. Setelah itu imbangi dengan sayur-sayuran. Dalam setiap makan pagi, siang, atau malam sebaiknya selalu ada menu sayur. Sayur kaya akan vitamin dan serat yang akan membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. Sayuran juga tidak dapat dimasak berlebihan karena jika dimasak pada suhu tinggi dengan waktu yang lama akan membuat kandungan vitaminnya hilang.
Dan ini dia yang juga tidak boleh dilupakan dalam pola hidup sehat. Anda bisa konsumsi air putih yang kaya akan mineral. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari yang setara dengan 2 liter air. Asupan air yang cukup akan membuat oksigen dalam darah menjadi lebih stabil. Sehingga kita dapat berkonsentrasi dengan baik. Dan juga dapat memperlancar proses pencernaan. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin.
Tips Hidup Sehat
Tips Hidup Sehat
Misalnya vitamin C pada jeruk dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kesehatan kulit. Dalam mengonsumsi buah dapat dimakan secara langsung ataupun dijus supaya lebih nikmat. Jika semua telah lengkap bisa kita sempurnakan dengan mengonsumsi susu. Kandungan kalsium, zat besi, dan juga mineral dalam susu akan menjaga kekuatan tulang dan gigi. Perhatikan juga jenis susu agar sesuai dengan kebutuhan. Selamat menjalani tips hidup sehat dengan mengatur pola makan yang seimbang.

Sumber : http://www.konsultasi.co/tips-hidup-sehat-dengan-makanan-lezat-dan-bergizi/
0 Komentar untuk "Tips Hidup Sehat Dengan Makanan Lezat dan Bergizi"

Back To Top