BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat – Ginjal adalah salah satu organ ekskresi yang terdapat dalam vertebrata yang juga termasuk organ vital dalam sistem organ manusia. Ginjal memiliki bentuk menyerupai kacang yang mana organ ini berfungsi dalam menyaring kotoran berupa urea dalam darah yang dibuang bersamaan dengan air dalam bentuk urine. Organ penyaring ini juga mempunyai peran lain dalam sistem organ manusia, antara lain membuang racun dan cairan berlebihan dalam tubuh, menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan sebagainya. Oleh karena itu perlu diketahui cara menjaga ginjal sehat yang baik dan benar. Pada artikel ini penulis akan menyampaikan beberapa tips yang relevan dengan cara menjaga kesehatan dari pada organ ginjal.
Organ Ginjal
Organ Ginjal


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ginjal sehat diantaranya:
Menjaga tekanan darah tetap stabil
Tekanan darah stabil dapat dilakukan dengan mengurangi stres, mengurangi kadar kolesterol tubuh. Apabila tekanan darah terkontrol maka ginjal akan tetap terjaga dan sehat.
Mengontrol kebutuhan cairan dalam tubuh
Ketika cairan dalam tubuh dapat terkontrol dan terpenuhi dengan baik akan berdampak positif pada kinerja ginjal yang baik serta dampak sehat pada organ ginjal tersebut. Minimal konsumsinya air sebanyak tiga liter setiap harinya agar kebutuhan akan cairan tubuh tetap terpenuhi dan terjaga.
Olahraga
Aspek yang dapat membantu Anda dalam menjaga organ vital ini yaitu senantiasa berolahraga sebab dengan olahraga kita telah menjaga tidak hanya ginjal yang sehat namun setiap aspek organ dalam tubuh pun ikut terjaga kesehatannya. Banyak olahraga yang bisa Anda lakukan seperti jalan santai, lari, sepeda santai, sepakbola dan lain sebagainya.
Hentikan merokok agar ginjal anda tetap sehat
Mengapa demikian? Karena pada saat merokok secara tidak langsung Anda telah membuat paru-paru bekerja lebih dari sebelumnya dan dapat menekan ginjal yang pada akhirnya membuat ginjal semakin lemah dan lemah dengan konsekuensi akhir ialah gagal ginjal.
Berhenti untuk minum-minuman keras atau yang mengandung alkohol
Alkohol sendiri bisa berakibat negatif pada sistem kerja organ ginjal yang dapat memperlambat dan menurunkan kinerja ginjal secara signifikan.
Demikian artikel ini penulis sampaikan kepada para pembaca. Sebenarnya untuk menjaga kesehatan ginjal ada banyak cara dan lebih variatif, namun penulis hanya bisa menyampaikan tindakan yang umum saja. Yang terpenting adalah lakukan segala sesuatu yang berbau positif yang bisa meningkatkan kinerja organ ginjal tersebut bukan malah menurunkan dengan cara yang tidak benar seperti merokok, minuman keras dan sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat"

Back To Top