BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

Mengindentifikasi Letak Perangkat Lunak Pengolah Kata

Mengindentifikasi Letak Perangkat Lunak Pengolah Kata
•    Indentifikasi, Letak, dan Kegunaan Program Pengolah Kata
Program paket pengolah kata (word processor) merupakan salah satu program paket (package program) seperti spreadsheet, database, CAD, publisher, statistika, dan lain-lain. Beberapa macam program paket pengolah kata antara lain Wordstar, Chi Writer, Multimate, MS-Word, AMI Pro, Word Perfect, PFS Writer, Turbo Sprint, Xerox Writer, dan Lotus Manuscript.
Program Microsoft Word merupakan program pengolah kata di bawah system windows. Sistem Windows merupakan system operasi berbasis grafik (Grafic User Interface/GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan demikian sistem windows di samping digunakan untuk mode grafis juga memiliki kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda (multitasking) pada saat yang sama untuk menjalankan program aplikasi yang berbeda-beda. Dengan demikian user dapat memberikan perintah kepada software dengan program yang berbeda-beda dalam waktu yang cenderung bersamaan.
Dengan memanfaatkan program Microsoft Word pemakai dapat menggunakan fasilitas untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat surat, undangan, dokumen, atau bahkan untuk menyusun naskah dalam berbagai kepentingan. Dalam berbagai kegiatan d kantor, seorang sekretaris yang sudah biasa menggunakan mesin ketik konvensional, kemudian menggunakan Microsoft Word. Berbagai bentuk atau model huruf dapat digunakan sesuai dengan selera pengguna. Hal ini tidak seperti pada mesin ketik biasa. Pemakai Software pengolah kata dapat meng-edit hasil input data tanpa harus mengubah seluruh atau sebagian dari naskah yang sudah diketik dalam hal ini kepentingan menambah, mengurangi, atau menghapus naskah setiap saat dapat dengan mudah dan cepat dilakukan. Selain itu, kebutuhan penggandaan naskah hasil tersebut dapat dilakukan dalam waktu yang relatif cepat.


•    Mengaktifkan Program Pengolah Kata
Untuk mengaktifkan program Microsoft Word antara lain dapat dilakukan dengan menyiapkan computer dalam keadaan aktif dan mengenal icon-icon (ikon-ikon) penting yang terdapat dalam program Microsoft Word pada layar editor.


•    Menyiapkan Program
Untuk menyiapkan program, pastikanlah computer dalam kondisi siap untuk dioperasikan dan dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyiapkan program.
•    Nyalakan komputer dengan menekan tombol power di CPU dan tombol monitor (tunggu sampai computer dalam keadaan siap dioperasikan/menerima perintah yang ditandai dengan muncul screen saver, shortcut, dan icons).
•    Klik Start, pilih Aplication Programs (All Programs) dan klik MS-Word atau bias juga dilakukan dengan cara mengklik dua kali (double click) pada ikon MS-Word yang terdapat di desktop.
•    Tunggu sampai layar editor MS-Word muncul pada layar monitor.
Hasil proses tersebut dapat ditampilan pada gambar berikut.

*CATATAN !!!
Seluruh program aplikasi seperti program MS-Word yang telah dibuka ataupun dijalankan akan muncul icon shortcut-nya.
Pada tombol START secara otomatis, sehingga dapat memudahkan kita untuk membuka atau menjalankan kembali program yang bersangkutan di kemudian hari/ di lain waktu. Caranya, kliklah tombol START, kemudian pilih dan kliklah icon shortcut program aplikasi yang kita inginkan dan pernah dibuka tersebut.
Setelah program MS-Word kita klik lalu akan muncul tampilan lembar kerja program MS-Word yang siap digunakan untuk mengetik naskah yang ingin kalian buat.
•    Menginformasikan Layar Editor
Hampir semua aplikasi berbasis Windows, baik Windows 98, Windows 2000, maupun Windows XP/2002 cenderung sama. Program ini akan bekerja dengan baik dan cepat jika user dapat memanfaatkan menu dan icon-icon yang terdapat pada toolbar. User tinggal mengarahkan mouse yang ditunjukkan dalam bentuk pointer kea rah icon-icon yang dituju.
Setelah dilakukan klik pada setiap icon, maka fungsi yang dirujuk oleh pointer akan memberikan perintah sesuai dengan keinginan user. Dalam hitungan detik fungsi itu akan menampilkan hasil dari proses yang dimaksud.
Sebagai contoh, ketika user sedang menggunakan komputer untuk kepentingan transfer datadan informasi, icon-icon yang ada dalam layar monitor banyak memberikan bantuan untuk mempercepat proses tersebut. Icon yang dapat digunakan antara lain icon disket (icon save) yng terdapat pada toolbar dapat digunakan untuk menyimpan data (file) dan icon cut (simbol gunting) yang digunakan untuk menghapus data.
c. Mengakhiri Proses dengan MS-Word
Bila ingin keluar dari program MS-Word, pastikan semua data sudah tersimpan dengan baik. Jika hal tersebut belum dilakukan, kliklah icon save untuk menyimpan data tersebut. Bila kamu telah melakukan perintah File>Close, namun pekerjaan belum selesai maka akan muncul peringatan untuk menyimpannya. Pilih menu File>Exit atau klik tanda silang di atas pojok kanan atas, secara otomatis komputer akan menuju sistem Windows.
Tag : TIK
2 Komentar untuk "Mengindentifikasi Letak Perangkat Lunak Pengolah Kata"

Ternyata mudah juga ya mengidentifikasi letak perangkat lunak khususnya pengolah kata, sangat bermanfaat nih gan, thanks yaa udah dibagikan :D

Back To Top