BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

Pengertian Internet

Pengertian Internet- Internet merupakan singkatan dari Interconnected network, yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Internet memungkinkan perpindahan data antarkomputer meski terpisah jarak yang jauh. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan waktu yang cepat, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut.
Internet


Secara sederhana, Internet dapat didefinisikan sebagai jaringan dari jaringan (network of network). Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Hal ini dapat dilakukan dalam komunikasi dua arah secara langsung seketika itu juga (realtime).

Semua orang mempunyai hak yang sama untuk mengak-ses Internet dan tidak ada seorangpun yang menguasai Internet. Oleh karena itu, Internet merupakan sebuah dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan dan batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Internet merupakan sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Pada dasarnya, Internet adalah kumpulan dua komputer atau lebih di seluruh dunia yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer. Internet dapat diibaratkan se-perti jaringan laba-laba yang menyelimuti bumi dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node tersebut dapat berupa personal komputer, laptop, atau peralatan komunikasi seperti handphone dan PDA (personal Data Assistance). Node tersebut dapat berfungsi sebagai pusat informasi atau sebagai pengguna yang mencari dan bertukar informasi melalui Internet. Garis penghubung antarnode disebut Internet backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serat optik, maupun gelombang mikro (microwave).

Untuk mendapatkan akses Internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau Internet service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kalian akan mendapatkan jalur Internet (online) setelah menghubungkan komputer dengan komputer server. Hubungan antara komputer pengguna dengan komputer server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial up) dengan menggunakan peralatan modem. Melalui komputer server yang dimiliki oleh ISP itu, kalian dapat terhubung dengan jaringan komputer sedunia (Internet).

Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komupter dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.

Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer yang berada di ratusan negara dan departemen atau instansi, baik swasta maupun pemerintah. Melalui Internet, siapa pun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dan berbagai tempat. Informasi yang dapat diakses dapat berupa teks, grafik, suara, maupun video. Siapa pun yang terhubgng ke dalam jaringan dapat memperoleh atau memberikan informasi karena internet menyediakan fasilitas-fasilitas yang  memungkinkan setiap pengakses untuk berbagi informasi.

Jaringan Internet dapat pula berfungsi sebagai media konferensi. Sejumlah orang dapat melakukan diskusi dan komunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung satu dengan yang lainnya, tetapi hanya melalui layar komputer pribadi masing-masing.

Internet bukan lagi menjadi istilah yang asing bagi sebagian besar orang yang bekerja di dunia komputer. Bahkan, bagi orang awam sekalipun, kata-kata world wibe web (www) sudah menjadi bahasa keseharian mereka. Situs-situs web menampilkan informasi apapun yang ada di segala penjuru dunia, tidak peduli seberapapun jauhnya.

Web adalah kumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupin tanpa kabel. Di antara komputer dapat berinteraksi sehingga data yang terdapat di komputer lain dapat diakses oleh komputer kalian. Sebaliknya, data yang ditampilkan di komputer kalian dapat diakses oleh komputer lain. Kemampuan akses ini tidak terbatas pada jarak sehingga data di seuruh dunia dapat saling dipertukarkan atau saling diakses. Keadaan ini yang memunculkan istilah world wide (mendunia) sehingga world wide web (www) artinya jaringan yang mendunia.

Bukannya tidak beralasan apabila manusi saat ini memilih web sebagai media penyampaian informasi. Dengan web, seseorang bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan, iklan dan sebagainya. Web juga menjadi sarana komunikasi yang digemari karena sifanya mendunia menjadi ajang tukar pendapat bagi penggunanya.

Karena hal-hal tersebut, maka pengembangan web menjadi sangat cepat. Saat ini, web tidak sekedar menampilan informasi saja, namun fungsi web makin meluas. Web mulai digunakan untuk aplikasi yang banyak menmbutuhkan interaksi dari pengguna. Bahkan belakangan ini muncul istilah e-learning, e-commerce, e-government, virtual university, dan sebagainya, yang semuanya, menggambarkan pemanfaatan teknologi informasi termasuk web media penyampaian dan pengambilan informasi.

Baca Juga :
- Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari
- Dampak Negatif Teknologi Internet

Tag : TIK
27 Komentar untuk "Pengertian Internet"

Infony bermanfaat gan, setidaknya jadi bahan belajar ane

This comment has been removed by the author. - Hapus

artikelnya sangat bermanfaat gan :) terima kasih atas infonya :)

Terima kasih sob. Selamat Datang

Terima kasih sob. Selamat Datang

artikelnya membantu,, semoga terus update,,,

makasih banyak pengertian internetnya gan, sangat bermanfaat

visit back >>
http://belajarinternet-hm.blogspot.com/2015/05/kumpulan-situs-untuk-download-video.html

keren gan artikelnya...thx infonya ya, sngt bermanfaat

Wah jadi nambah ilmu tentang internet nih,Nice share ya

artikel yang bermaanfaat gan bagi mereka yang blm tau ataupun mencari tentang pengertian internet

thanks infonya gan

oke sob, Salam kenal.
Semoga bermanfaat.

oke sob, Salam kenal.
Semoga bermanfaat.

Terima kasih sob, Salam kenal.
Semoga bermanfaat.

Sama-sama sob
Jangan lupa kunjungi terus yap

Terima kasih sob.
Salam kenal.
Semoga bermanfaat.

Sama-sama sob.
Salam kenal.
Semoga bermanfaat.

Terima kasih sbo.
Salam kenal.
Semoga bermanfaat.

Oke sob.
Jangan lupa kunjungi blog saya terus ya.
Salam kenal.
Semoga bermanfaat.

Ohh begitu ya pengertian internet, lumayan singkat jadi mudah dipahami gan.. oiya kalau mengenai internet ini ane jadi inget pelajaran tik dulu gan, kalo di pelajaran tik ane ngebahasnya lengkap, mulai dari sejarah, pengertian, macam-macam, dll pokoknya lengkap dah, hehehe :D

jadi tau kepanjangannya internet, dan juga cara kinerja internet

Back To Top