BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Intranet



Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Intranet- Jaringan intranet berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer supaya dapat saling bertukar data dan informasi. Tanpa adanya perangkat keras, tentu saja komputer-komputer kalian tidak dapat berhubungan satu sama lain. Berikut ini adalah perangkat keras yang diperlukan untuk membentuk sebuah jaringan intranet.
Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Intranet
 
1. Kabel
Pada jaringan komputer, kabel menjadi media penghubung utama antarkomputer. Untuk jaringan lokal, dikenal ada tiga jenis kabel sebagai berikut.
a. Co-axial
Kable co-axial adalah kabel yang digunakan di jaringan lokal. Biaya yang dibutuhkan cenderung murah dan tidak memerlukan hub sebagai konsentrator jaringan.
b. UTP (Unshielded Twisted Pair)
UTP yaitu kabel jaringan yang saat ini paling banyak digunakan. Dengan menggunakan kabel ini pengembangan jumlah klien dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa harus mematikan server.
c. FDDI (Fiber Data Distributed Interface)
FDDI atau yang biasa disebut kabel fiber optic, menggunakan dua buah ring. Pertama adalah primary ring yang digunakan untuk komunikasi data. Kedua adalah secondary ring yang digunakan sebagai media komunikasi cadangan.
2. Kartu Jaringan
Kartu jaringan merupakan salah satu interface yang memiliki peranan besar dalam sistem jaringan. Kartu jaringan inilah yang menentukan kecepatan maksimum transmisi data.
3. Hub
Hub atau yang sering juga disebut konsentrator berguna sebagai media antarkoneksi yang jauh, yaitu alat pengumpul semua koneksi antarkomputer untuk kemudian disambungkan satu sama lain. Keuntungan penggunaan hub adalah fleksibel, sehingga jumlah klien dapat ditambah setiap saat tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi. Berikut ini jenis hub.
a. Hub Standar 10 Mbps
Hub tipe ini memiliki kecepatan maksimum 10 mbps, namun kecepatan transmisi untuk tiap user yang terhubung tidak dapat diatur. Selain itu, tiap klien mempunyai kecepatan maksimum koneksi. Hub standar 10 mbps ini sangat mudah dalam hal instalansi
b. Hub Switch Unmanage 10/100 mbps
Kecepatan maksimum hub tipe ini adalah 10 atau 100 mbps, tergantung dari kartu jaringan yang digunakan. Sama seperti hub standar 10 mbps, hub tipe ini tidak bisa mengatur kecepatan transmisi untuk tiap user atau mesin yang terhubung dan tiap klien mempunyai kecepatan maksimum koneksi.
c. Hub Switch Manage 100 mbps
Hub ini memiliki kecepatan 100 mbps. Berbeda dengan hub lainnya, dengan hub ini kecepatan tiap port koneksi bisa diatur. Kecepatan transmisi untuk setiap user atau mesin yang terhubung dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
4. Server
Untuk jaringan dengan tipe client-server, dibutuhkan komputer yang berfungsi sebagai server. Kebutuhan server dapat berbeda antara satu dengan yang lain, tergantung fungsi server dan sistem operasi yang terpasang.
Nah gimana dengan artikel ini Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Intranet? Semoga teman-teman bertambah ilmunya. Hmm... terima kasih teman-teman sudah berkunjung ke blog saya ini. Jangan segan yah jika ingin berkunjung kembali.
Tag : TIK
9 Komentar untuk "Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Intranet"

Kira kira lebih cepat yang mana ya ? -,-

mantapp gan :) infonya komplit dan sangat bermanfaat :)

Buat yang mau buka warnet, bisa baca2 dulu artikel diatas nih, buat tambah2 pengetahuan, Biar ga selalu manggil tukang service kalau lagi ada kerusakan :D

wah ternyata sedikit yah perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun jaringan intranet warnet, nice share gan

Thanks Infonya Bisa Buat Bahan Belajar Nih

Keren gan,tanx infonya bwt Pr sekloah hehehe

wahh bagus banget gan infonya,maksih ya

sangat membantu tugas kelas 9 gue thanks

ternyata itu ya macam-macamnya, ane jadi tambah tau nih gan, yang tadi taunya cuma kabel doangan eh sekarang jadi tau semua, maklum masih pemula ;)

Back To Top