BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

LAHIRNYA ORDE BARU

LAHIRNYA ORDE BARU- Bagaimana Peristiwa Orde baru itu? Pada  akhir tahun 1965 pemberontakan berhasil dilumpuhkan oleh ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) dan rakyat. Tetapi organisasi PKI belum bubar juga sehingga secara politik PKI masih hidup. Jika dibiarkan, sewaktu-waktu PKI dapat melakukan kembali dan berusaha menjadikan Indonesia sebagai negara komunis. Rakyat langsung mengambil tindakan dengan menuntut ke pemerintahan RI (Republik Indonesia) agar membubarkan PKI beserta ormas-ormasnya. Bahkan mahasiswa langsung membentuk organisasi dengan nama Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) pada tanggal 25 oktober 1965. Langkah tersebut kemudian diikuti oleh pelajar yang lainnya dengan beridirinya kesatuan aksi, seperti:
* Kesatuan Aksi Indonesia (KAPI)
* Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI)
* Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI)
* Kesatuan Aksi Buruh Indonesia (KABI)
* Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI)
* Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI)

LAHIRNYA ORDE BARU

Masing-masing kesatuan melakukan aksi tersebut  yang setia kepada Pancasila dan UUD 1945 bergabung dalam Front Pancasila dikenal dengan Angkatan 66. Aksi turun ke jalan semakin gencar dilakukan oleh kesatuan-kesatuan aksi. Pada tanggal  12 Januari 1966 kesatuan-kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPRGR dan mengajukan tiga tuntutan yang terkenal dengan Tri Tuntutan Rakyat (Tritura). Isi Tritura adalah :
1. Bubarkan PKI serta ormas-ormasnya.
2. Bersihkan Kabinet Dwikora dari unsur-unsur G 30 S/PKI.
3. Turunkan harga barang.
Pada tuntutan tersbut ternyata Pemerintah  tidak merespon masyarakan. Bahkan pemerintah malah melakukan tindakan yang tidak sesua dengan kehendak rakyat, antara lain :
Membentuk Barisan Soekarna untuk menandingi Front Pancasila yang berguna untuk mempertahankan kedudukan Presiden Soekarna dari usaha yang akan menumbangkannya.
Pada tanggal 21 Februari 1966 Presiden Soekarno mengumumkan pembentukan Kabinet Dwikora yang disempurnakan yang disebut Kabinet Seratus Menteri. Kabinet baru ini tidak memuaskan rakyat sebab banyak simpatisan PKI yang masih duduk dalam kabinet.
Pada masa demokrasi terpimpin Angkatan Darat (AD) mendukung dikeluarkannya Tritura. Beberapa bentuk dukungan Angkatan Darat terhadap Tritura adalah :
Kodam-kodam melarang pembentukan Barisan Soekarno di wilayah masing-masing.
Kodam Jaya  melindungi mahasiswa mantan KAMI saat membentuk laskar Arif Rachman Hakim.
Bagaimana peristiwa lahirnya orde baru ini? Pasti kalian akan mengira begitu jahatnya kabinet PKI yang terus menekan Presiden Soekarna pada orde baru ini. PKI hanya mementingkan agar Negara Indonesia dapat dijadikan Negara komunis yang sangat kejam. Nah Segini dulu ya teman-teman artikel yang telah saya buat. Dapat dilanjutkan dilain waktu. Terima Kasih sahabat ku.


Tag : IPS
6 Komentar untuk "LAHIRNYA ORDE BARU"

Ilmu yang bermanfaat gan ...
Thx sharingnya ya :)

dengan order baru,semangat rakyat jadi lebih baru...trim mahasiswa tanpa jasa,

Ok.
Terima kasih sob..
Semoga Bermanfaat

Ya gitu sob..
Semoga bermanfaat + Jangan lupa share

bukan order bro -_-
dapi orde

Back To Top