Cara Membuat Gelas Sederhana Menggunakan Blender 2.63 Bagaimana cara pembuatannya? Apakah sulit atau tidak ya pembuatan Gelas Sederhana Menggunakan Blender 2.63 Langsung aja nih Tutorialnya:
1.Operating Systems
- Windows XP, Vista or 7
- Mac OS X 10.5 and later
- Linux
- FreeBSD
2.Minimal
specs for Hardware
- 1 GHZ Single Core CPU
- 512 MB RAM
- 1024 x 768 px Display with 16 bit color
- 3 Button Mouse
- Open GL Graphics Card with 64 MB RAM
3.Good
specs for Hardware
- 2 GHZ Quad Core CPU
- 4 GB RAM
- Full HD Display with 24 bit color
- 3 Button Mouse
- Open GL Graphics Card with 1 GB RAM
Penjelasan langkah-langkah hingga menjadi sebuah objek seperti itu.
Langkah
Kedua
: Objek awal nya adalah sebuah kubus
karena saya ingin membuat sebuah gelas, maka objek
kubus tersebut dihapus dan diganti
dengan objek silinder dengan cara:
- Tekan X
(Untuk Menghapus sebuah Objek yang telah di seleksi) pada
keyboard dan kemudian tekan ENTER
- Setelah
terhapus, langkah berikutnya adalah tekan SHIFT+A
(langkah pintas untuk menambahkan objek-objek tertentu) setelah itu akan
ada banyak pilihan, kita pilih mesh kemudian pilih Cylinder
Maka akan
terjadi bentuk, seperti
berikut ini :
Langkah Ketiga : Merubah sudut pandang terhadap
objek,ada berbagai macam sudut pandang, tapi kita
akan menggunakan sudut pandang Front. Caranya
:
- Manual (klik
menu view di samping menu select) atau dengan cara pintas (tekan 1 pada
numpad) Lalu setelah sudut pandang berubah
ke front persp kita rubah kembali ke sudut
pandang front orto.
- Bisa
dengan cara manual (klik menu view di
samping menu select) Atau dengan cara pintas (tekan
5 pada numpad).
Sekarang
langkah selanjutnya :
- Ubah
objek tersebut ke bentuk wireframe. Cara manualnya dengan klik gambar bola putih
disamping pilihan Object Mode lalu pilih Wireframe atau bisa
dengan
tekan Z pada keyboard.
- Lalu ubah objek
tersebut kedalam Edit mode. Caranya
mengubah kedalam Edit mode bisa dengan cara menekan TAB pada keyboard.
Lalu
tekan CTRL+R untuk menambahkan segmen pada objek
tersebut. Sehingga akan tampil gambar seperti berikut:
- Setelah itu tambahkan
segmen tersebut dengan cara scroll mouse lalu
tambahkan 3 segmen
pada objek tersebut. Setelah itu
tekan A pada keyboard.
- Kemudian kita tekan B (biasa disebut Bounding Box Selection) pada keyboard lalu drag mouse dan pilih garis kedua dari atas seperti gambar berikut :
- Lalu buat objek yang sudah kita pilih dengan bounding box selection kita lebarkan dengan cara tekan S pada keyboard.Jika sudah maka lanjutkan dengan garis yang ada di bawahnya begitu seterusnya hingga seperti gambar berikut ini :
- Lalu kita buat tangkai penunjang gelas nya. Langkah awalnya kita B (bounding box selection) pada garis yang paling bawah lalu kita kecilkan dengan menekan tombol S pada keyboard hingga kira-kira seperti ini :
- Lalu kita gunakan tombol E pada keyboard untuk membuat tangkai gelas.setelah kita tekan tombol E lalu kita arahkan kebawah hingga panjang yang kita kehendaki.lalu kita gunakan imajinasi untuk membentuk dasar cangkir dengan menggunakan Tombol S dan E. Sehingga membentuk seperti ini :
- Lalu kita tekan Z untuk merubah Wireframe mode ke Solid mode lalu hapus bagian atas dari gelas yang belum jadi ini, langkah pertamanya ubah edit mode nya kedalam face select mode (beberapa bars ke kanan dari edit mode). Kita pilih bagian yang mau dihapus dengan cara klik kanan pada bagian tersebut lalu tekan X dan kemudian pilih Faces. Jika ingin cepat dalam memilih bagian-bagian yang ingin dihapus dapat dengan cara tahan SHIFT pada keyboard dan klik kanan pada bagian yang ingin dihapus lalu akan ada gambar seperti ini :
Langkah Ke-4
- Kembalikan sudut pandang kedalam sudut pandang front ortho dan ubah kembali kedalam Wireframe mode lalu tekan B (bounding box selection). Sebelumnya ubah edit mode yang dari face select jadi edge select. Setelah itu pilih garis yang paling atas dari gelas kemudian tekan E pada keyboard lalu tekan S untuk membuat gelas di dalam gelas. Kita lihat gelas ada disisi luar sama sisi dalam, sisi luar nya kan udah kita buat tadi di langkah-langkah yang di atas. Sekarang buat sisi dalam (langkah ini hanya khusus untuk bagian atas gelas atau tempat air di tuangkan) setelah tekan S lalu kita buat agar garis itu berada di dalam gelas. Lalu mainkan imajinasi dengan tombol S dan E. Sekedar catatan kita harus buat garis yang berada di sisi dalam sama persis dengan garis sisi luar. Sehingga menjadi seperti ini :
- Jika sudah selesai coba tekan Z kemudian TAB maka jadilah gelas sederhana. Tetapi Objek ini masih belum sempurna karena masih kasar. Proses Selanjutnya kita akan mencoba menghaluskan Objek tersebut. Pertama gunakan fungsi smooth yang berada di object tools (sebelah kiri di bawah menu File). Setelah itu gunakan fungsi dari object modifier yang berada di kanan lalu pilih Subdivision Surface (untuk menghaluskan benda) Pada pilihan add modifier. setelah itu kaboom maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian yang sedang menggunakannya. Jangan lupa di share dan selamat praktek.
Tag :
Tutorial
4 Komentar untuk "Cara Membuat Gelas Sederhana Menggunakan Blender 2.63"
Wah ini yang dicari
Oke sob.. Langsung saja di coba ;)
ini dia yang gue lagi pelajari, thanks sob
kalo blender beneran bisa gan? wakakak
Bagi agan yang cari apartemen eksklusif di Jakarta dengan pemandangan danau dilengkapi fasilitas lengkap dan high class. Klik http://citralakesuites.com/apartemen-di-jakarta-barat-semakin-berkembang/