BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

Macam-macam jenis Area Jaringan

Macam-macam jenis Area Jaringan. Berdasarkan area geografis yang dijangkau, jenis jaringan dibedakan menjadi beberapa macam.

Macam_macam_jenis_area_jaringan
Macam-macam jenis Area Jaringan
1. Jenis LAN (Local Area Network)
Locak Area Network (LAN) merupakan jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak lebih dari sekitar satu km. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-kompter pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumber-daya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi. Berdasarkan kabel yang digunakan, ada dua cara membuat jaringan LAN yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP.

2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
Pada dasarnya MAN merupakan LAN yang berukuran lebih besar. Jaringan ini mempunyai area jaringan yang lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai jaringan metrapolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada seeperti LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar. Contoh, beberapa bank yang memiliki jaringan komputer di setiap cabangnya dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan uang dan mengambil uang atau transaksi lainnya di cabang maupun dalam provinsi yang sama.

MAN biasanya menggunakan nirkabel atau infrastruktur serat optik sambungan link ke situs mereka. MAN dioptimalkan untuk wilayah geaografis yang lebih besar dari LAN, mulai dari beberapa blok bangunan hingga seluruh kota tidak menutup kemungkinan digunakan oleh banyak individu sebagai sarana umum.
3. Jaringan WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan sebagainya.
4. Internet
Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Jaringan-jaringan tersebut dihubungkan ke sebuah jaringn internet dengan menggunakan jaring kabel serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua lain. Kabel serat optik tersebut dibangun di dasar laut.

Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antarjaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway (gerbang) yang brfungsi untuk mengtur hardware dan software agar dua atau lebih arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat berkomunikasi. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
Nah itulah Macam-macam jenis Area Jaringan yang bisa saya share kepada teman-teman. Terima kasih sudah menyempatkan untuk berkunjung di blog saya. Terima kasih
Tag : TIK
Back To Top