BLOGING, BISNIS, KESEHATAN, KECANTIKAN, PELAJARAN, TEKNIK PROGAMMING, PELAJARAN, LAINNYA

Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)

Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)- Karya seni rupa memiliki bentuk dan fungsi yang beraneka ragam. Berdasarkan dimensinya kita mengenal karya seni rupa dua dan tiga dimensi. Karya dua dimensi terwujud dari berbagai bahan dan medium yang beraneka ragam. Karakter unik dari masing-masing bahan dan medium ini membutuhkan berbagai alat dan teknik pengolahan serta penggarapan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut. Bahan dan medium yang digunakan untuk berkarya seni rupa 2 dimensi dapat berupa bahan alami atau bahan sintetis.

Keindahan karya seni rupa tampak secara visual dari bentuk dan obyek pada karya seni rupa tersebut. Unsur-unsur rupa (unsur fisik) disusun menggunakan prinsip-prinsip penataan (non fisik) membentuk komposisi obyek gambar atau lukisan yang unik dan menarik.
Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2 D)
Seni Rupa Dua Dimensi

Obyek pada karya seni rupa dua dimensi dapat berwujud abstrak atau menyerupai kenyataan yang ada disekitar kita. Makhluk hidup dan benda mati dapat digunakan sebagai model objek berkarya seni rupa dua dimensi. Melalui serangkaian tehapan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi akan terwujud karya seni rupadua dimensi yang unik dan menarik. Untuk terampil berkarya seni rupa tidak hanya ditentukan oleh bakat, tetapi terutama oleh latihan dan kesungguhan dalam berkarya.

Kemampuan berkarya seni rupa merupakan anugerah Tuhan yang patut kalian syukuri. Kemampuan ini disyukuri oleh banyak perupa dengan membuat berbagai karya seni rupa yang bermanfaat bagi dirinya maupun sesamanya baik secara fisik maupun batin. Kekayaan alam Nusantara kita syukuri karena memiliki keanekaragaman objek dan bahan yang dapat digunakan untuk berkarya seni rupa dua dimensi.

Budaya Nusantara yang beraneka ragam menghasilkan banyak karya seni rupa dua dimensi yang membanggakan di dunia internasional. Kita patut merasa bangga, pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai salah satu warisan dunia tak benda menunjukkan penghargaan dunia internasional terhadap karya seni rupa yang merupakan bagian dari kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Kalian telah mencoba membuat karya seni rupa duadimensi. Melalui proses berkarya seni rupa tersebut kalian belajar untuk tekun, disiplin dan bertanggung jawab serta menghargai karya seni rupa yang dihasilkan. Tidak ada karya yang jelek jika kalian sungguh-sungguh mengerjakannya. Setiap karya yang dihasilkan oleh teman kalian memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Karya yang indah tidak selalu karya yang mirip dengan kenyataan yang digambarkannya. Melalui penyajian karya dan saling memberikan tanggapan terhadap karya yang disajikan, kalian belajar untuk saling menghargai perbedaan, menghargai keragaman yang Tuhan anugerahkan kepada kita semua.

Sekian artikel yang berjudul Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) saya buat, semoga bermanfaat bagi kalian semua.
~TERIMA KASIH~


Tag : Seni Budaya
0 Komentar untuk "Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)"

Back To Top